Cara Efektif Perawatan Gigi Berlubang

kayamanfaat.com – Gigi merupakan komponen penting dalam rongga mulut kita. Oleh karena itu gigi yang sehat dan bagus perlu dirawat dengan baik agar tidak mengalami permasalahan. Bayangkan saja apabila gigi kita sakit, maka tentu akan sulit untuk makan. Pasalnya gigi merupakan organ satu-satunya sebagai pelumat makanan di dalam mulut. Tanpa gigi yang berfungsi sebagaimana mestinya, Anda tentu akan kehilangan selera makan. Selain terkait fungsinya sebagai pelumat makanan, gigi juga sangat penting untuk menjaga penampilan. Gigi yang putih dan sehat akan menjadikan penampilan Anda menarik. Sebaiknya periksakanlah gigi Anda secara rutin sebelum terjadi gigi berlubang, baik skala lubang kecil maupun gigi berlubang besar. Perawatan gigi berlubang yang tepat akan meminimalisir resiko kondisi kesehatan gigi yang bertambah parah.

Pentingnya Perawatan Gigi Berlubang

Permasalahan yang sering dialami oleh sebagian besar orang adalah adanya lubang tak kasat mata pada gigi. Kemunculan lubang tak kasat mata ini banyak tidak disadari oleh si pemilik gigi. Sebenarnya terdapat gejala awal gigi berlubang atau dalam bahasa medis disebut dengan karies gigi. Gejala awal tersebut dapat dilihat pada permukaan gigi yang mulai berkapur. Lama kelamaan permukaan gigi yang berkapur menjadi semacam terkikis dan jadilah gigi berlubang. Ketika gigi sudah berlubang maka gigi Anda akan sensitive dan rawan keropos. Rasa ngilu yang tentunya akan mengganggu pun dapat Anda alami. Oleh karena itu perlu tindakan perawatan gigi. Saat ini banyak yang mencari cara mengatasi gigi berlubang tanpa ditambal.perawatan gigi berlubang kecil

Advertisement

Karies atau gigi berlubang merupakan hal yang tidak Anda inginkan. Namun ketika Anda harus mengalaminya, Anda perlu tahu bagaimana cara perawatan gigi berlubang secara baik dan benar. Cara mengobati gigi berlubang parah dapat dilakukan melalui hal-hal sederhana, hal ini dapat dilakukan untuk meminimalisir biaya yang harus Anda keluarkan untuk pergi ke dokter gigi, kecuali apabila lubang pada gigi sudah tidak dapat diatasi dan perlu tindakan medis. Hal pertama yang dapat Anda lakukan baik untuk mencegah maupun merawat gigi berlubang adalah dengan rajin menggosok gigi minimal 2 kali dalam sehari. Dengan menggosok gigi, kebersihan gigi akan terjaga. Sisa makanan yang berbentuk plak dan biasa menempel pada gigi akan hilang. Dengan demikian, akan meminimalisir berkembangnya bakteri perusak gigi.

Selanjutnya, dalam hal menggosok gigi Anda juga harus teliti. Gunakanlah pasta gigi khusus pencegah gigi berlubang. Pasta gigi khusus untuk gigi berlubang adalah pasta gigi yang mengandung kalsium dan xylitol dalam kadar yang lebih tinggi daripada pasta gigi biasa pada umumnya. Kandungan kalsium dan xylitol ini berperan dalam memperbaiki email atau bagian permukaan gigi yang berlubang. Hal yang tak boleh dilewatkan lagi adalah cara menggosok gigi. Lakukanlah secara baik dan benar, pastikan seluruh permukaan gigi dapat terjangkau oleh bulu sikat sehingga gigi dapat benar-benar bersih.

Gigi yang berlubang tentu dapat terjadi di bagian mana saja, baik itu terjadi pada gigi depan, gigi belakang, dsb. Banyak orang mencari cara menghilangkan gigi berlubang di depan karena sangat mengganggu penampilan mereka. Ketika Anda merasakan ngilu, maka inilah salah satu efek yang ditimbulkan gigi berlubang. Sebelum bertambah parah segera lakukan tindakan penanganan dengan berkumur-kumur menggunakan air garam. Caranya, tuangkan satu sendok teh garam ke dalam segelas air putih hangat, lalu kumur-kumur selama beberapa kali. Air garam memiliki sifat anti bakteri sehingga dapat melemahkan bakteri penyebab gigi berlubang.

Selain itu, cara perawatan gigi berlubang dapat dilakukan dengan menjaga konsumsi makanan tertentu. Makanan yang mengandung gula akan memicu kerusakan pada gigi sehingga jenis makanan ini patut dihindari. Konsumsilah makanan-makanan yang mengandung kalsium untuk menambah asupan nutrisi guna memperbaiki gigi berlubang. Makanan yang mengandung kalsium misalnya susu, telur, multivitamin, dsb. Apabila gejala gigi berlubang yang Anda alami semakin parah, misalnya saja rasa ngilu yang terus menerus atau masalah bau mulut maka Anda dapat berkonsultasi kepada dokter. Tindakan medis yang dapat dilakukan pada gigi berlubang antara lain perawatan syaraf gigi dengan cara mematikan syaraf gigi yang berlubang, pemasangan gigi palsu atau pemasangan implant gigi.

Advertisement

sigit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *