Manfaat Berenang bagi Kesehatan

Berenang merupakan salah satu olahraga yang kebanyakan masyarakat Indonesia lebih banyak menjadikannya ajang liburan bersama keluarga. Padahal, pada olahraga ini terdapat banyak sekali manfaat yang bisa didapat. Bahkan berhubungan langsung dengan kesehatan tubuh kita. Ingin tahu apa sajakah itu? Berikut daftar manfaat berenang bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui.

advertisement

1. Meningkatkan kekuatan dan otot

Daripada aerobik darat, berenang bisa jadi alternatif olahraga yang cocok bagi Anda yang ingin meningkatkan kekuatan, sekaligus memperbesar otot. Hal tersebut karena pada gerakan-gerakan berenang, seperti mengayunkan tangan dan kaki, terdapat bentuk latihan resistensi atau ketahanan yang biasa dilakukan untuk membangun otot dan kekuatan.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Salah satu otot yang terlatih manakala sedang berenang adalah jantung. Berenang dipercaya bisa meningkatkan kinerja jantung, khususnya dalam hal memompa darah ke seluruh tubuh. Bahkan juga bisa melawan inflamasi, yang menjadi salah satu penyebab penyakit jantung.

advertisement

3. Mengendalikan berat badan

Bila Anda ingin menurunkan berat badan, maka salah satu cara terbaiknya adalah dengan berenang. Menurut penelitian, berenang merupakan salah satu jenis olahraga terbaik dalam hal membakar kalori. Pada setiap 10 menit berenang, gaya punggung akan membakar 80 kalori, gaya bebas 100 kalori, dan gaya kupu-kupu sekitar 150 kalori.

4. Mengurangi gejala asma

Manfaat berenang bagi kesehatan selanjutnya adalah untuk mengurangi gejala-gejala asma. Seperti yang kita tahu, kolam renang adalah area yang lembap dan itu menguntungkan bagi pengidap penyakit asma. Selain itu, berenang juga merupakan olahraga yang baik untuk melatih paru-paru, sekaligus menningkatkan efisiensi pernapasan.manfaat renang bagi kesehatan

5. Menurunkan kolesterol

Berenang juga dipercaya bisa menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Bentuk-bentuk latihan aerobik yang ada pada olahraga renang telah terbukti dapat meningkatkan kadar HDL. Bahkan bisa mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung hingga 3,5 persen.

6. Mengurangi risiko terkena diabetes

Untuk bisa mengurangi risiko penyakit diabetes, sekitar 6 persen, Anda harus bisa membakar setidaknya 500 kalori per satu minggu. Sedangkan kita tahu, berenang tiga kali saja perminggu bisa membakar sekitar 900 kalori. Itu berarti berenang bisa mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2 hingga lebih dari 10 persen. Selain itu, bagi Anda yang terserang diabet type 1, berenang pun dapat sangat bermanfaat, karena efek peningkatan sensitivitas insulinnya.

Kesimpulan

Sebenarnya masih ada banyak lagi manfaat berenang bagi kesehatan yang bisa kita rasakan. Misalnya saja dapat mengurangi stres, meningkatkan fungsi otak, hingga meningkatkan fleksibilitas tubuh. Oleh sebab itu, bagi Anda yang belum mencoba, bisa memulai berenang setidaknya satu kali dalam sebulan. Anda juga bisa mengajak keluarga, sehingga olahraga berenang akan lebih menyenangkan dan efektif. (Baca juga manfaat lainnya: Mau Tau Serba Serbi Strawberry? Yuk simak)

advertisement

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *