Banner
Manfaat Bunga

Manfaat Bunga Melati

Bunga melati sering kita jumpai sebagai tanaman pekarangan. Bunga ini cukup terkenal karena baunya yang harum. Di Indonesia sendiri orang-orang memanfaatkan bunga melati untuk kegiatan hajatan pengantin dan ritual-ritual tertentu, aroma wangi yang khas dari bunga melati ini menjadikannya identik dengan adat, agamis, hingga mistis. Bunga melati sejatinya sudah lama digunakan sebagai obat tradisional oleh nenek moyang kita, namun hanya sedikit orang yang mengetahui manfaat bunga melati untuk kesehatan dan pengobatan tradisional.

Advertisement

Manfaat Bunga Melati untuk Pengobatan Tradisional

Khasiat dari bunga melati tak bisa terlepas dari berbagai senyawa kimia yang terkandung di dalamnya, untuk pengobatan sendiri hampir semua bagian pohon melati bisa digunakan, dari akar, daun hingga bunganya. Bunga melati memiliki kandungan senyawa seperti Indol, benzyl serta livalylacetaat yang dapat memberikan sifat afrodisiak melati, dimana sifat dari senyawa ini dapat membantu memperbaiki kondisi pencernaan serta dapat membantu percepatan metabolisme dalam tubuh serta meningkatkan sirkulasi darah.manfaat bunga melati

Advertisement

Tidak hanya itu, manfaat bunga melati juga dipercaya oleh orang-orang dari jaman dahulu untuk mengobati sesak nafas, meredamkan demam dan mengobati sakit kepala ringan, mengobati iritasi mata, serta dapat menghentikan produksi ASI yang berlebihan. Berdasarkan hasil riset yang pernah dilakukan menunjukkan bahwa kandungan senyawa melati bersifat detoksifikasi, yang aman dan dapat digunakan oleh semua orang untuk menghilangkan racun dalam tubuh.

Advertisement

Banyak pakar herbal yang mengungkapkan bahwa bunga melati kaya akan komponen alam seperti minyak esteris atau zat berbau yang digunakan untuk bahan campuran parfum atau teh. Kandungan minyak esteris pada bunga melati sangat efektif untuk mengobati gangguan kecemasan, serta gangguan saraf yang lebih serius, bahkan kandungan ini dapat dimanfaatkan untuk mengatasi depresi dan efek negatif yang ditimbulkan karena stres. Sedangkan pada orang-orang cina, mereka meminum teh melati karena dipercaya dapat menurunkan resiko kanker, meringankan stress serta mengurangi kolesterol jahat pada tubuh. Setelah mengetahui manfaat bunga melati, apakah anda juga tertarik menanamnya di pekarangan rumah anda? (Baca juga tentang: Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan)

Gallery for Manfaat Bunga Melati

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
error: Content is protected !!